Jumat, 16 September 2016

Fitnah Yang Beratnya Hampir Sama Dengan Dajjal




Fitnah di sini bermakna  ujian. Yang  dimaksud dengan fitnah kubur adalah  apabila  selesai dikubur akan diajukan kepada  mayit  pertanyaan­ pertanyaan  berupa pertanyaan  tentang  Rabbnya,  agamanya  dan nabinya. Sesungguhnya Ahlussunnah  wal Jamaah  beriman  kepada fitnah kubur karena  Al­Qur`an  dan As­Sunnah telah menerangkan demikian. Adapun di dalam Al­ Quran, Allah telah berfirman:

“Allah akan meneguhkan orang­orang yang beriman dengan perkataan yang kokoh tersebut di kehidupan dunia dan akhirat.” (QS. Ibrahim : 27).

Sesungguhnya ayat ini menjelaskan masalah fitnah kubur sebagaimana telah tsabit dalam Ash­Shahihain dan lainnya dari hadits Al­Bara' bin ‘Azib. Adapun dalam As­Sunnah sungguh telah banyak riwayat yang menjelaskan  bahwa  manusia itu akan ditanya dalam kuburnya yakni fitnah yang  sebagaimana  sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

“Sesungguhnya telah diwahyukan kepadaku bahwasanya kalian itu akan difitnah (ditanya) di kubur kalian seperti (hampir sama)dengan fitnah Dajjal.” (HR. Al­Bukhari dan Muslim dari Asma bintu Abi Bakr).

Dan fitnah Dajjal adalah sebesar­besar fitnah sejak Allah menciptakan Adam hingga hari kiamat, sebagaimana dalam Shahih Muslim dari ‘Imran bin Husain berkata:

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata,”Tidaklah ada antara penciptaan Adam hingga hari kiamat sebuah kejadian yang lebih besar dibandingkan fitnah Dajjal”(HR. Muslim).

Akan tetapi Nabi shallallahu'alaihi wasallam bersabda kepada para shahabatnya bahkan kepada umatnya: “Kalau Dajjal keluar dan saya masih ada di tengah-­tengah kalian maka saya yang akan membela kalian (melawan Dajjal). Dan jika dia keluar sementara saya tidak ada di tengah­tengah kalian maka setiap orang mesti membela dirinya sendiri. Dan Allah adalah penggantiku (yang membela) atas setiap muslim.”(HR. Muslim dari Nawwas bin Sam’an radhiyallahu'anhu).

“Sesungguhnya kalian akan difitnah di kubur-­kubur kalian seperti atau hampir sama dengan fitnah Dajjal “(HR. Al­Bukhari Muslim).

Betapa besarnya fitnah kubur tersebut, karena manusia di sana akan mendapati pertanyaan yang tidak mungkin bisa menjawabnya kecuali kalau berada di atas pondasi yang sangat kokoh berupa akidah dan amal shaleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar