Minggu, 11 September 2016

5 Tahapan Kehidupan Yang Akan Dilalui Manusia


Sesungguhnya  orang-orang  yang tidak  beriman dengan  hari akhir niscaya  dia tidak  akan beramal. Karena  tidaklah seseorang  itu  beramal melainkan karena  dia  berharap  akan kemuliaan hari akhir dan karena  takut adzab dan siksaan, kalau  dia  tidak beriman dengan hari akhir maka dia  menjadi seperti orang yang  Allah ta'ala kisahkan:

“Dan mereka berkata : "Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang akan membinasakan kita selain masa." (QS. Al­Jatsiyah : 24).

Dinamakan dengan hari akhir karena  sudah tidak ada hari lagi sesudahnya dan ini adalah  tahapan akhir yang dialami manusia. Manusia itu mengalami lima tahapan kehidupan:

1. Tahapan  ketidakadaan adalah sebagaimana ditunjukan oleh firman Allah:
“Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?”(QS. Al­Insan : 1).

2. Adapun tahapan alam rahim, sebagaimana firman Allah:
“Dia telah menciptakan kalian dalam perut­perut ibu­ibu kalian kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan”.(QS.Az­Zumar : 6).

3. Adapun tahapan kehidupan dunia, sebagaimana firman Allah:
“Dan Allah telah mengeluarkan kalian dari perut­perut ibu-ibu kalian dalam keadaan tidak mengetahui segala sesuatu dan Dia menjadikan bagimu pendengaran, penglihatan dan hati agar kalian bersyukur.” (QS. An­Nahl : 78).

Dan pada tahapan inilah yang  menentukan bahagia dan celakanya, dan merupakan negeri ujian dan cobaan. Sebagaimana firman Allah:
“Dialah yang telah menciptakan kematian dan kehidupan agar menguji kalian siapa di antara kalian yang paling bagus amalannya.” (QS. Al­Mulk : 2).

4. Adapun tahapan alam barzakh, Allah ta'ala berfirman tentangnya:
“Dan dari belakang mereka ada barzakh (pembatas) sampai hari kebangkitan.”(QS. Al­Mu’minun : 100).

5. Adapun tahapan kehidupan akhirat adalah tahapan tujuan dan ujung dari semuanya.  Allah berfirman setelah menyebutkan  tahapan­tahapan kehidupan manusia  :

“Dan sesungguhnya setelah itu kalian akan menjadi mayit kemudian nanti di hari kiamat kalian akan dibangkitkan.” (QS. Al­Mukminun : 16).

Itulah tahapan-tahapan kehidupan yang akan dilalui manusia. Dan semoga pada akhir perjalan nanti kita semua mendapat ampunan dan rahmat dari Allah ta'ala, sehingga kita dimasukan ke dalam surga yang penuh dengan kenikmatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar